Kamis, 02 Juni 2011

Cara Menanam Biji Rosemary


1 Tempatkan biji rosemary dalam wadah dan rendam dengan air selama kurang lebih 3 jam sebelum ditanam. Biji rosemary terkadang agak sulit untuk berkecambah bila ditanam langsung.


Paling baik menanam biji rosemary di tanah kompos. Sterilkan tanah sebelumnya bila tidak yakin akan bibit penyakit/jamur/insektisida dalam kompos tersebut. Mengukus tanah yang akan digunakan adalah cara yang dapat digunakan apabila enggan menggunakan insektisida atau fungisida.


Tanam benih di pot dan beri air secukupnya, jaga media tanam tetap lembab sampai biji berkecambah, tempatkan pot di tempat yang kena matahari. Siram secukupnya apabila media tanam terlihat kering, jangan sampai dibiarkan becek dan tergenang karena menyebabkan akar dan tanaman menjadi busuk.


4 Rosemary senang cahaya matahari dan tanah yang gembur dengan aerasi yang baik.


Siram secukupnya. Rosemary biasanya tidak perlu dipupuk, gunakan pupuk kompos atau pupuk organik bila dibutuhkan. Rosemary tahan kering jadi jangan terlalu banyak disiram.


Potong batang rosemary dengan gunting apabila akan digunakan. Atau bila akan dibiakkan, rosemary dapat ditanam dengan stek batang. Cukup dipotong dan ditancapkan di pot dengan tanah kompos sampai berakar dan siap dipindahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar