Sabtu, 18 Juni 2011

Tips Menanam Sage dari Biji

Dari website Gardening Know How, disebutkan bahwa menumbuhkan sage dari biji cukup sulit dan menumbuhkan kesabaran, di negara Eropa, benih sage memerlukan paling tidak 6 minggu untuk berkecambah. Disini, di Bandung tepatnya, saya menanam sage dan biji-biji tersebut berkecambah dalam waktu 7-10 hari saja. Namun sebelumnya saya merendam biji sage dalam air sedikit hangat, selama 3-4 jam, lalu menempatkan sage di tanah kompos dan menjaganya tetap lembab dan terkena sinar matahari.

Tempat yang sejuk dan beraerasi baik sangat membantu untuk pertumbuhan sage.

Sage banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, dan obat-obatan herbal. Terutama untuk memperbaiki daya ingat dan obat Alzheimer.

4 komentar:

  1. 1.bagaimana jika menanam bibit sage dan yang lainnya di daerah jogja, apakah bisa dan mungkin anda tahu solusinya?
    2.bagus mana menanam bibit di pot atau ditoples atau di tanah dengan komposisi pupuk organik yang pas??
    Trimakasih, Andreas Bondan from Jogja

    BalasHapus
  2. saya pikir bisa di daerah jogja, karena rumah saya di bandung juga bukan di daerah yang dingin. saya menanam semua herbs di bawah naungan kanopi plastik dengan intensitas cahaya 80%.
    pengalaman saya herbs bagus ditanam di pot karena terkendali untuk penyiramannya. saya tidak memakai pupuk, hanya menggunakan tanah campuran kompos. yang paling baik menurut pengamatan saya adalah tanah kompos dengan banyak daun dan cacahan pakis halus.

    BalasHapus
  3. Bagaimana saya bisa mendapatkan bibit tanaman herbs seprti yang di tuliskan di atas?
    Tolong di reply ke : ks.turnip@yahoo.com

    BalasHapus
  4. saya dimataram bukan daerah sejuk.apakah sage bisa ditanam dibawah pohon jeruk yang tidak terlalu rindang tanpa kanopi plastik?

    BalasHapus