Minggu, 02 Oktober 2011

Lavender dan Hyssop

Keduanya mirip karena satu family yaitu mint family, lamiaceae. Lavender terkenal karena wanginya yang bisa mengusir serangga, dan warna bunga ungunya yang disebut warna ungu lavender. Lavender jenis English Lavender atau Lavandula Angustifolia, atau kadang juga disebut True Lavender, var. Munstead  dikenal karena toleransinya terhadap panas dibanding jenis yang lain, katanya lho. Tapi terbukti sih, saya menanam lavender di halaman rumah saya, dan sejauh ini kelihatan baik-baik saja.

Tidak seperti lavender yang ditawarkan tukang kembang umumnya (menurut saya sih lavender-lavenderan, karena daunnya kalau digosok malah bau tengik),  lavender yang saya tanam ini wanginya bukan main, padahal baru berdaun, belum berbunga. Wangi daunnya campuran antara wangi rosemary, kayu putih, dan wangi geranium. Ya sebut saja wangi lavender. Padahal baru daun, bagaimana wangi bunganya nanti. Lavender tahan terhadap kekurangan air, jadi kalau lupa nyiram beberapa hari atau ditinggal mudik lebaran, tidak tampak merana seperti tanaman herbs lainnya, seperti misalnya mint yang boros air.

Untuk membedakan hyssop silahkan perhatikan gambar di bawah ini:
Hyssop digunakan untuk pewarna minuman, juga dijadikan obat batuk/penyakit paru-paru. Penggunaan hyssop bisa ditelusuri sejak jaman Romawi dan tercatat penggunaannya dalam kitab-kitab suci dahulu.

Nah untuk penasaran dengan lavender, bisa diperhatikan bahwa secara struktur tanaman memang mirip tapi berbeda pada bentuk kumpulan bunganya.


Untuk bentuk daun dan tanamannya, english lavender tampak seperti di bawah ini , belum berbunga sih, doakan cepat berbunga ya. Nanti kalau sudah berbunga saya posting lagi fotonya, oh ya ini daunnya saja sudah wangi banget. Sekilas mirip daun rosemary.


Ini pohon rosemary, mirip kan? eh engga terlalu sih sebenarnya.


Nah kalau ini sih foto saya, if you'd like to see the woman behind the herbs ...xoxoxoxo

6 komentar:

  1. huahahahaa.... kok ujung2nya ada foto orangnya wakakkaa.. keren mir web nya! top... sukses selalu

    BalasHapus
  2. haloo mau tanya yah, jual lavender kering ga ya?

    BalasHapus
  3. kebetulan sy ada byk stock untuk rosemary di rumah, sapa tau ada yg membutuhkan.thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya mau...saya sedang membuat kebun di halaman rumah..tapi cari bibit di daerah saya agak sulit.

      Hapus
  4. Mbak, udh berbunga belum? Aku lg coba nanam lav munstead. Suhu kota ku kurleb 23-25°c..
    Ada tips ga soal media tanam yg ideal, cara penyiraman?? Makasi..

    BalasHapus
  5. Bantu buat Kartu Kredit BANK BNI dengan beragam fasilitas dan diskon, free iuran tahun pertama di manapun anda berada di seluruh pelosok nusantara Kartu Kredit BNI, adalah Kartu Kredit BNI MasterCard dan BNI VISA, baik Kartu Biru, Emas
    maupun Platinum berikut Kartu Tambahannya.
    100% berkas aman cukup fc ktp.slip
    gaji/skp kartu kredit npwp
    khusus karyawan gaji min 3 jt perbulan.owner lampirkan fc ...ktp siup dan npwp bila memiliki kartu kredit bisa dilampirkan
    proses maks 10 hari kerja.Diskon 15% untuk makanan dan minuman dengan minimum transaksi Rp 150.000,- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,-.
    Diskon 20% untuk menu makanan Hot Kitchen (tidak termasuk Toast/Honey Toast/Beverage) dengan minimum transaksi Rp 150.000.- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,- (sebelum diskon, pajak dan servis).
    Garuda Indonesia Travel Fair 2014, kerjasama Bank Negara Indonesia dengan Garuda Indonesia, one stop shopping untuk paket wisata Anda dengan harga spesial menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit BNI.
    Diskon cicilan 0% selama 3 & 6 bulan atau cicilan bunga ringan 0,8% selama 9 & 12 bulan dengan transaksi minimum Rp 1.000.000,-
    Hemat hingga 50% atau maksimum Rp 1.000.000,- dengan BNI Reward Points.
    Informasi lebih lanjut hubungi BNI Call 500046 atau 021-500046/68888 dari ponsel.atau dengan marketing kami cabang BNI LAMPER SARI SEMARANG
    chairul sarto utomo via sms telp
    085229348635. TELP KANTOR ( 024 ) 33051946 FAK 024 86455931

    BalasHapus