Jumat, 22 April 2011

Lemon Balm, Catnip, dan Mint

image from wikipedia
Lemon Balm

Lemon Balm atau dikenal dengan nama Latin: Melissa Officinalis, adalah tanaman sejenis Mint yang berbau lemon. Bila berbunga akan mengundang banyak lebah madu, sehingga dari sana lah dinamakan Melissa oleh orang Yunani karena Melissa berarti Honey Bee.

Lemon Balm atau di Inggris dikenal dengan nama Balm saja, Lemon Balm enak untuk dijadikan campuran minuman, dingin maupun panas. Untuk perasa pada es krim, dan juga dapat dijadikan tanaman pengusir nyamuk. Remas-remas daun lemon balm dan usapkan pada kulit tubuh, maka nyamuk akan ogah menggigit.

Lemon balm adalah bahan untuk membuat teh herbal, juga bumbu untuk masakan ikan, serta bumbu utama dalam pembuatan 'lemon balm pesto" saus Italia Lemon Balm. Lemon Balm butuh suhu hangat untuk tumbuh. Lemon Balm adalah tanaman obat untuk antivirus dan antibakteri dan ampuh mengobati Herpes Simplex. Selain itu Lemon Balm dikenal untuk memperbaiki daya ingat dan obat penderita Alzheimer.

Catnip / Nepeta Cataria

Catnip adalah tumbuhan yang disenangi oleh kucing. Sebagian besar kucing akan senang memakan catnip dan mendapatkan efek yang berlainan; berguling-guling, riang gembira, atau mengantuk. Tapi kucing tidak akan overdosis oleh tanaman ini, karena kucing secara alami akan berhenti disaat merasa cukup. Selain sebagai tanaman untuk kucing bersenang-senang, juga catnip dijadikan bahan pembuat teh herbal, juice atau obat. Catnip juga merupakan tanaman pengusir nyamuk dan lalat.


Tanamlah catnip untuk menyenangkan kucing kesayangan Anda.



Mint

Terdapat banyak jenis mint, dan yang umum dikenal adalah Spearmint, Curled Mint, dan Peppermint. Daun Mint sangat enak dibuat minuman dicampur dengan jeruk lemon dan di jus. Selain itu daun mint digunakan untuk obat, garnish, campuran salad, atau bahan baku essential oil yang harum.
Tanamlah di tempat yang hangat oleh sinar matahari pagi dan mendapat siraman banyak air namun tidak becek. Jangan lupa menyiramnya karena mint gampang layu bila lupa disiram.

8 komentar:

  1. lemon balm dan spearmint beda ya? atau sama?
    oya follback ya pak irfan atau bu mira. infonya bermanfaat.

    BalasHapus
  2. kalo tanaman lemon balm nya brp perpot??

    BalasHapus
  3. waaah, aku kudu & harus punya serta menanam Catnip niiy...
    agar Neko & mPiiss, agar mereka:
    berguling-guling, riang gembira, atau mengantuk... :)

    BalasHapus
  4. Permisi, mau nanya apakah bisa dibeli tanaman lemon balmnya? Boleh minta kontaknya? Trims cito

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sist, saya penjual tanaman herbal, tanaman buah , tanaman obat , tanaman hias dll ,

      Saya juga menjual lemon balm, jika minat bisa hubungin saya WA 085707007330

      Hapus
    2. Maaf sist, saya penjual tanaman herbal, tanaman buah , tanaman obat , tanaman hias dll ,

      Saya juga menjual lemon balm, jika minat bisa hubungin saya WA 085707007330

      Hapus
  5. Dimana saya bisa mndapatkan bibit catnip? Edisi mau ditanem biar kucing2ku hepi.. uye..
    Terima kasih

    BalasHapus